Thursday, July 05, 2007

HIDUP UNTUK OPINI ORANG


"Jika Anda hidup untuk opini orang lain, berarti Anda mati. Kita hidup bukan untuk mencari agar kita dikenang" Ini yan dikatakan Carlos Slim Hule saat diwawancarai majalah Forbes terkait dengan kritikan atas menopolinya dalam perusahaan telepon seluler Mexico. Dialah orang terkaya di dunia sekarang (World's richest man, 2007) menggantikan Bill Gates (pemilik perusahan Microsoft). Ayahnya, Yusef Salim Haddad adalah seorang imigran asal Lebanon.
Kadang kita ingin menyenangkan semua orang, tidak ingin mencari musuh, menghindari kritikan, cemoohan, ataupun penghinaan dengan mengorbankan idealisme dan ambisi yang kita miliki. Setiap orang punya idealisme dan cita-cita hidup. Orang yg tidak memiliki kedua hal itu berarti dia mati. Sebagai seorang muslim kita punya idealisme. Seharusnya dalam melaksanakan segala seuatu atas dasar bahwa kita seorang muslim yang punya pandangan dan cara hidup sendiri. Tidak perduli apakah itu akan menyenangkan atau membuat orang lain tidak tenang. Meski kita meyakini dan telah terbukti secara empiris bahwa dengan hidup dalam idealisme kita sebagai muslim, tidak akan membawa malapetaka ataupun menyusahkan orang lain. Palingan cap teroris akan ditempelkan di dahi kita oleh orang yang bodoh dan jauh dari kebenaran.
Muslim yg sebenarnya bercita-cita untuk menegakkan syariat Allah di muka bumi. Tidak perduli apakah orang lain rela ataupun tidak. Cita-cita ini seharusnya menjadi spirit dalam segala lini aktifitas kehidupannya. Idealisme sebagai muslim seyoganya akan menjadikan hidup lebih hidup dan bermakna. Tapi berapa banyak orang seperti itu di sekitar kita? Mungkin ada, tapi sedikit. Lihatlah Abu Bakar Ba'asyir. Seseorang yg punya idealisme, harga diri, dan cita-cita luhur sebagai seorang muslim. Kuat, tegar, dan tak memiliki rasa takut pada Amerika. Ingin seperti beliau..?? Bersiaplah akan dicap teroris oleh Amerika. Mungkin jika seandainya Rasulullah masih hidup, maka target pertama Amerika untuk memburu tersangka teroris adalah beliau :-)
Carlos Slim dan Abu Bakar Ba'asyir adalah 2 contoh orang yang punya idealisme dan cita-cita hidup. Tidak terpengaruh dengan pandangan ataupun opini orang lain dalam berbuat dan bepikir. Jadi..jangan hidup untuk opini orang lain jika ingin jadi orang besar.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home